Tuesday, January 31, 2012

Antara Kue Bagiak dan Tape Bondowoso Part II

Posted by Dinda-Chan | at 7:04 PM 0

Selama ia satu kelas dan dekat dengan Mamoru, Reyhan pasti punya ide-ide jahil untuk Mamoru. Mamoru memang selalu galak pada Reyhan dan nggak bisa akur pada Reyhan.
Hingga siang hari yang terik ini, Mamoru yang lagi santai jalan dengan Vanani. Tiba-tiba “aduh aku kebelet nih..” kata Mamoru. “kamu duluan aja deh ke kelasnya, aku mau ke toilet dulu.” Kata Mamoru. “ya, udah buruan dech..” kata Vanani mengingatkan, setelah ini ada pelajaran Bahasa Jepang, dan gurunya benar-benar killer banget. “ya aku tau.. bentar lagi jamnya Ardi sensei.” Kata Mamoru malas dan Mamoru langsung pergi ke toilet.
Ia tidak tahu, kalau mulai tadi ada cowok yang udah punya ide buat ngerjain Mamoru. “ni saatnya..” katanya dengan senyum penuh arti. Ia mengendap-endap masuk ke kamar mandi cewek, sambil celingukan dan memastikan tidak ada cewek yang masuk kamar mandi. Setelah aman, ia merencanakan misinya bersama dengan Tryan.
“Yan.. kalo ada orang bilang ya.” Kata cowok ini. “Sip.. Rey. Tapi, cepet dikit.” Kata Tryan yang berjaga di depan pintu masuk toilet. Reyhan hanya mengacungkan jempolnya. Mengendap-endap masuk ke kamar mandi cewek dan mengambil gayung air. Kemudian ‘BYURRRR…’ ia menyiramkannya tepat diatas kepala Mamoru, seketika Mamoru berteriak. “AHHH..!” jerit Mmamoru. “SIALANNN…!!” umpatnya dalam kamar mandi.
Reyhan langsung berlari dan keluar kamar mandi cewek dengan Tryan. “ayo buruan..!” katanya sambil berlari. Di dalam kamar mandi Mamoru basah kuyup dan mengomel sendirian.
“SIALANNN !” Umpatnya. “kerjaan siapa sih ?” gerutunya. Ia keluar dari toilet dengan basah kuyup dan ia menjadi pusat perhatian teman-temannya. “kurang ajar banget..!! bikin basah kuyup gini!!” Katanya kesal sambil berjalan menuju kelas. Selama dalam perjalanan ia terus berpikir siapa yang melakukannya. Pikirannya pasti akan mengarah ke Reyhan.
Semua yang ada di kelas bingung, mengapa pakaian Mamoru basah semua. “Kenapa Ru ?”tanya Reyhan dengan tersenyum puas. “kehujanan di kamar mandi..” goda Reyhan dan seisi kelas tertawa. “Sudah.. sudah.. ” kata Ardi sensei menenangkan seisi kelas. “Doushite ?” tanya Ardi sensei. “basah sensei, sepertinya ada yang sengaja melakukan ini.” Kata Mamoru sambil melihat ke arah Reyhan yang tersenyum puas. “nggak usah banyak alasan !! apa kamu tahu sekarang jam berapa?” tanya Ardi sensei
“ya tahu sensei.. jam 11 kan..” Jawab Mamoru dengan santainnya “kamu tahu sudah lewat 15 menit dan kamu tahu apa hukuman bagi yang terlambat pada jam saya!!” Ardi sensei naik darah. “tapi,sensei..” kata Mamoru membantah. “nggak usah membantah..!!” gertak Ardi sensei. “ya, sensei..” kata Mamoru lemas dan melihat kearah Reyhan yang masih tertawa-tawa. “sumimasen sensei.”Katanya lirih.
Ia benar-benar kecewa banget dan merasa malu. “ini semua gara-gara orang itu.” Kata Mamoru mengumpat. “aku tahu ini pasti kerjaan Reyhan, tapi gimana dia bisa masuk dalam toilet ?” tanyanya pada diri sendiri. “awas aja kalo bener.. Uhhhhh… aku habisin tu cowok !!” katanya sambil mengepalkan tangan.
Ia menunggu dengan BT-nya di luar kelas. Duduk-duduk sambil dengerin Mp3 dengan hadset di Hp-nya,sedikit mengurangi ke-BT-annya. Sejenak Reyhan tertawa dengan Tryan, melihat Mamoru tadi di omelin Ardi sensei. “lihat ekspresinya tadi nggak ?” Kata Reyhan dengan senyum kepuasan. “Lucu banget tahu..” lanjutnya lirih sambil tertawa.
“iya.. Tapi, apa nggak keterlaluan Rey ?” tanya Tryan. “keterlaluan gimana ?” tanya Reyhan. “iya, kalo dia masuk angin gimana ?” Tanya Tryan mengawatirkan Mamoru. “nggak, dia cewek yang kuat kok.” Kata Reyhan dengan yakinnya.“pokoknya kalo ada apa-apa ma dia jangan bawa-bawa aku..” Ancam Tryan. “iya, tenang aja.” Kata Reyhan dengan tersenyum puas dan kembali memperhatikan pelajaran.
Walau begitu pikirannya tetap pada Mamoru. Ia juga memikirkan keadaan Mamoru. ‘apa bener dia bakal baik-baik aja.’ Batinnya resah. ‘pasti dia baik-baik aja.’ Lanjut batinnya, sambil melihat Mamoru dari jendela yang duduk di seberang kelasnnya.

Yosakoi 2011

Posted by Dinda-Chan | at 2:16 PM 0

video

Monday, January 30, 2012

Net The Yosakoi

Posted by Dinda-Chan | at 3:18 PM 0

video

すみませんの意味の色々

Posted by Dinda-Chan | at 2:58 PM 0

実はすみませんの言葉は色々な意味を持っています。初めて、私は謝ることの意味だけと思います。でも、謝ることでなくて、四つの意味があります。一週間前、私は作文の授業にいました。この授業ですみませんについて漫画を読みました。面白かったと思いました。

漫画の中にすみませんの意味の色々について説明しました。すみませんの意味は謝ることに限らず人を呼んで、何かを頼んで、ありがたいを言います。この漫画を読みましたから、すみませんの意味の色々が知っていました

この漫画は面白い話と思いました。話は外人がいました。この外人が日本家族と一緒に中国料理のレストランへ行きました。日本人が「すみません」とすっと言いましたから、迷いました。謝るとき「すみません」を言いました。注文するまでも「すみません」を言います。迷いましたから、おなかが急に痛くなりました。

この漫画はすみませんの使い方があります。日本の学生のために、便利で面白くになります。この漫画は謝るとか、ありがたいとか、人を呼ぶとか、何かを頼むとか「すみません」を言うことができます。この漫画を読むとき、私は「すみません」のニュアンスがあります。この漫画は内容はよいではなくて、話も面白かったです。

Cinta Itu

Posted by Dinda-Chan | at 2:35 PM 0

Cinta itu bukan hanya kata
Bukan sekedar istilah,
Lebih dari itu
Ia bermakna

Cinta yang datang pun
Bisa memberi sayap untuk terbang.
Namun cinta yang buta,
Mampu membuatmu jatuh dan kehilangan sayap.

Cinta yang datang dengan hati
akan menjadi keindahan
Bukan sebuah nafsu.
Cinta yang datang dari nafsu
Mungkin menjadi keindahan sesaat
Tapi, ia akan meninggalkan luka.

Cinta bagai bunga yang merekah,
Saat matahari bertemu dengan musim semi.
Cinta akan menjadi mati,
Saat matahari tak bertemu dengan udara.

Cinta tulus akan datang.
Secepat kau menemukannya.
Namun ketika pergi,
Jejaknya tak akan terhapus oleh hujan ribuan tahun.

Jatuh cinta bagai madu yang manis,
Namun jika cinta itu pergi
Akan menjadi asam yang teramat asam.

Wednesday, January 25, 2012

Rain, 雨, 비

Posted by Dinda-Chan | at 4:35 PM 0

Saat kegelapan itu muncul
Semua kenangan terbuka satu demi satu
Ketika rintik hujan turun
Kenangan itu muncul bersama dengan bayang-bayang masa lalu

                Bisakah hujan menghentikan kenangan itu hadir
                Bisakah hujan menghapus bayangan itu
                Bisakan hujan menghapus nama yang terukir
                Bisakah hujan menutup luka-luka sayatan

mengapa sesulit itu menjadi sahabat untuk hujan
Hujan turun tak mampu menghentikan air mata
Hujan  menjadi tanda kesedihan
Hujan menjadi tanda tangisan hati
               
                                Lihatlah hujan itu, maka kau bisa rasakan kesedihan itu
                                Lihatlah hujan itu, maka kau akan melihat hati yang terluka
                                Lihatlah hujan itu, maka kau pun akan mengingat
                                Ada seseorang yang diam-diam menangis untukmu.

Tuesday, January 24, 2012

Perbandingan Puisi Karya Kenji Miyazawa dan Amir Hamzah

Posted by Dinda-Chan | at 5:29 PM 0




1.  Pendahuluan

 Puisi merupakan bentuk ekspresi perasaan seseorang. Keberadaan puisi pun ternyata berkaitan erat dengan kondisi masyarakat dan budaya yang berkembang saat itu. Karya. Perbandingan dua karya sastra yang berbeda wilayah, akan mempengaruhi hasil kedua karya sastra itu


“Sastra bandingan adalah sebuah studi teks across cultural. Studi ini merupakan upaya interdisipliner, yakni lebih banyak memperhatikan hubungan sastra menurut aspek waktu dan tempat dari aspek waktu. Sastra bandingan dapat membandingkan dua/lebih periode yang berbeda, sedangkan konteks tempat akan mengikat sastra bandingan menurut wilayah geografis sastra” (Endaswara, 2008 : 129)
Hal itu disebabkan karena wilayah geografis suatu wilayah berbeda, dan budaya yang ada di wilayah tersebut pun berbeda. Hal ini terlihat dari Puisi karya Kenji Miyazawa dan karya Amir Hamzah dari Indonesia.
Budaya Jepang dan Indonesia berbeda. Di Jepang pada masa puisi Kenji Miyazawa budaya yang berkembang yaitu Naturalisme yang di pengaruhi unsur-unsur agama. Untuk budaya yang berkembang di Indonesia pada masa Amir Hamzah yaitu, romantisme bergaya Melayu.
2.  Pembahasan
     2.1  Kenji Miyazawa
            雨ニモマケズ
          (ame ni mo makezu)
           
雨ニモマケズ
(ame ni mo makezu)
風ニモマケズ
(kaze ni mo makezu)
雪ニモ夏ノ暑サニモマケ
(yuki ni mo natsu no atsusa ni mo makenu)
丈夫ナカラダヲモチ
(jōbu na karada wo mochi)
慾ハナク                   
(yoku wa naku)
決シテ瞋ラズ           
(kesshite ikarazu)
イツモシヅカニワラツテヰ
(itsu mo shijika ni waratte iru)
一日ニ玄米四合ト
(ichi nichi ni genmai yon kai to)
味噌ト少シノ野菜ヲタベ
(miso to sukoshi no yasai wo tabe)
アラユルコトヲ
(arayuru koto wo)
ジブンヲカンジヨウニ入レズニ
(jibun wo kanjō ni irezu ni)
ヨクミキキシワカリ
(yoku mikiki shi wakari)
ソシテワスレズ                       
(soshite wasurezu)
野原ノ松ノ林ノ蔭ノ               
(nohara no matsu no hayashi no kage no)
小サナ萱ブキノ小屋ニ
(chiisa na kayabuki no koya ni ite)
東ニ病気ノ子供アレバ           
(higashi ni byōki no kodomo areba)
行ツテ看病シテヤリ
(ikashite kanbyō shite yari)
西ニ疲レタ母アレバ           
(nishi ni tsukareta haha areba)
行ツテソノ稲ノ束ヲ負ヒ       
(ikashite sono ine no taba wo oi)
南ニ死ニサウナ人アレバ       
(minami ni shinisō na hito areba)
行ツテコハガラナクテモイヽトイヒ
(ikashite kowagaranakute mo ii to ii)
北ニケンクワヤソシヨウガアレバ
(kita ni kenka ya soshō ga areba)
ツマラナイカラヤメロトイイ
(tsumaranai kara yamero to ii)
ヒドリノトキハナミダヲナガシ
(hideri no toki wa namida wo nagashi)
サムサノナツハオロオロアルキ
(samusa no natsu wa oro-oro aruki)
ミンナニデクノボートヨバレ
(minna ni deku-no-bō to yobare)
ホメラレモセズ
(homerare mo sezu)
クニモサレズ           
(ku ni mo serezu)
サウイフモノニ
(sō iu mono ni)
ワタシハナリタイ
(watashi wa naritai)

Friday, January 20, 2012

Pilihalah Diet yang Sesuai dengan mu

Posted by Dinda-Chan | at 4:20 PM 0

   
    Banyak orang-orang yang ingin melakukan diet untuk mengurangi berat badan. sebagian dari mereka melakukan berbagai cara entah itu cara yang baik ataupun tidak baik untuk kesehatan. Banyak dari wanita yang melakukan diet dengan menggurangi porsi makan mereka secara tidak seimbang, sehingga kesehatan mereka menurun. Cara yang baik dengan tetap menjaga asupan kalori yang masuk ke tubuh.
  Menurut berita yang diposting dalam situs VOA Indonesia 18 Januari 2012 mengatakan
Enam puluh persen orang dewasa Amerika kelebihan berat badan dan lebih dari tiga puluh persen mengalami obesitas. Tapi warga Amerika bukan satu-satunya yang berjuang mengurangi lingkar pinggang mereka. Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa obesitas telah mencapai proporsi epidemi secara global, dengan lebih dari 1 milyar orang dewasa kelebihan berat badan.

Dr Dariush Mozaffarian mempelajari hubungan antara diet dan penyakit kronis di Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Harvard.

Ia mengatakan, "Kita perlu melakukan pergeseran paradigma dalam hal diet."

Tetapi, orang-orang yang berusaha mengubah kebiasaan makan dan mengurangi berat badan mereka harus memilah-milah berbagai diet yang membingungkan. Sebagian menganjurkan untuk mengurangi karbohidrat, yang lain mengatakan kurangi lemak, makan lebih banyak protein, makan sedikit protein. Nasihat-nasihat ini membingungkan.

Dr George Bray pada Pusat Penelitian Biomedis Pennington di negara bagian Louisiana, ingin mengetahui apakah protein mempengaruhi berat badan.

Ia memaparkan, "Penelitian ini dirancang untuk menguji efek dari protein pada tingkat berbeda pada asupan kalori total."

Dua puluh lima orang dewasa sehat berpartisipasi dalam penelitian tersebut. Daniel Kuhn adalah salah satunya. Ia dan yang lainnya diberi makan hampir seribu kalori per hari.

Kuhn menuturkan,"Saya banyak makan mentega murni, krim kocok dan hal-hal yang dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah saya makan."


 
~ Home Sweet Home - Designed by Miss Rinda - Layout by My Blog Make Over - Author YOUR NAME HERE :) ~
Boucing Smiley Star